Jumat, 29 September 2017

Analisis Penurunan Umur Rencana Akibat Volume Kendaraan dan Kelebihan Muatan

BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang Masalah
Indonesia pada saat ini mengalami krisis ekonomi yang sangat
memprihatinkan dan sampai sekarang tingkat pertumbuhan ekonomi belum mengalami kemajuan yang berarti, apalagi dibarengi oleh kebijakan pemerintah yang menaikan harga bahan bakar minyak sehingga sangat berdampak  pada segala sendi kehidupan masyarakat khususnya dibidang transportasi, dengan  adanya kenaikan harga bahan bakar minyak berakibat pula pada kenaikan biaya transportasi, untuk mengatasi adanya biaya kenaikan tersebut pemilik atau supir mensiasatinya dengan menaikan muatan  kendaraan agar biaya operasional kendaraan dapat terpenuhi,yang pada akhirnya mempengaruhi kemampuan perkerasan jalan dalam memikul beban kendaraan.
Wonogiri merupakan kota di Jawa tengah yang berada di bagian selatan paling timur yang berbatasan dengan Jawa Timur bagian Selatan seperti Pacitan, Ponorogo dan sekitarnya, disamping sebagai kota penghubung  juga sebagian besar penduduknya bekerja dibidang jasa, sehingga penting sekali mempertahankan kinerja ruas jalan Sukoharjo – Wonogiri (Km 23 + 000 – 29 + 000 dengan Km 0 + 000 dari Nguter) secara struktural atau konstruksi, kondisiperkerasan jalan pada saat ini sudah terjadi banyak penurunan permukaan sehingga jalan menjadi bergelombang hal ini diperkirakan akibat banyak kendaraan terutama truk pasir dan semen yang melebihi muatan, untuk itulah penelitian ini dilakukan, sehingga dapat diketahui penurunan umur rencana jalan yang diakibatkan oleh adanya kelebihan muatan kendaraan pada ruas jalan Sukoharjo – Wonogiri Km 23 + 000 – 29 + 0001
B.Perumusan Masalah
Ruas Jalan Sukoharjo - Wonogiri merupakan salah satu jalur penting yang menghubungkan Wilayah Propinsi Jawa Timur bagian selatan dengan Propinsi Jawa Tengah bagian selatan khususnya Kota Solo dan sekitarnya sehingga harus tetap dipertahankan kinerjanya, adapun perumusan masalah yang akan dilakukan untuk melakukan penelitian dapat di rumuskan sebagai berikut di bawah ini :
1)Seberapa besar berat beban sumbu kendaraan yang melewati Ruas Jalan
Sukoharjo - Wonogiri (Km 23 + 000 – Km29 + 000 dengan Km 0 + 000 darinNguter)
2)Seberapa besar perubahan angka ekivalensi sumbu kendaraan yang melewati Ruas Jalan Sukoharjo - Wonogiri (Km23 + 000 – Km 29 + 000 dengan Km 0+ 000 dari Nguter)
3)Seberapa besar tingkat penurunanan umur perkerasan pada Ruas Jalan
Sukoharjo - Wonogiri (Km 23 + 000 – Km 29 + 000 dengan Km 0 + 000
dari Nguter)
C.Batasan Masalah
Untuk menghindari penelitian yang terlalu luas dan agar arah lebih terfokusserta lebih mempermudah penyelesaian masalah sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai, maka perlu adanya pembatasan masalah sebagai berikut :
1)Objek penelitian ruas jalan Sukoharjo - Wonogiri (Km 23 + 000 – Km 29 +000 dengan Km 0 + 000 dari Nguter)
2)Perhitungan volume lalu lintas secara langsung pada Ruas Jalan Sukoharjo - Wonogiri (Km 23 + 000 – Km 29 + 000 dengan Km 0 + 000 dari Nguter)
3)Tebal dan jenis bahan perkerasan berdasarkan data sekunder
4)Nilai CBR tanah dasar diperoleh berdasarkan data sekunder
5)Faktor regional berdasarkan data sekunder & primer
D.Tujuan Penelitian
Penelitian ini mempunyai tujuan sebagai berikut :
1)Untuk mengetahui beban sumbu kendaraan yang melewati Ruas Jalan
Sukoharjo - Wonogiri (Km 23 + 000 – Km 29 + 000 dengan Km 0 + 000 dari Nguter)
2)Untuk mengetahui angka ekivalensi sumbu kendaraan yang melewati Ruas Jalan Sukoharjo - Wonogiri (Km 23 + 000 – Km 29 + 000 dengan Km 0 +000 dari Nguter)
3)Untuk mengetahui penurunan umur rencana perkerasan Ruas Jalan Sukoharjo - Wonogiri (Km 23 + 000 – Km 29 + 000 dengan Km 0 + 000 dari Nguter)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar